Home / Daerah / MTQ Muratara ke-VIII, Wabup : Semoga Muratara Menjadi Kabupaten yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur

MTQ Muratara ke-VIII, Wabup : Semoga Muratara Menjadi Kabupaten yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur

MURATARA – Wakil Bupati A Inayatullah membuka secara langsung Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VIII tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Rabu (23/3/2022), dihalaman kantor Bupati Muratara.

Tuan rumah kali ini Kecamatan Rupit, hadir pada pembukaan, Kapolres Muratara, Ferly Rosa Putra, Dandim 0406 MLM, ketua DPRD Efriyansah, Kemenag Muratara, unsur-unsur Porkopimda dan pengurus LPTQ se-provinsi Sumsel.

Ajang pencarian bakat generasi muda Qurani di Kabupaten Muratara ini, akan berlangsung selama 5 hari, mulai pada hari Rabu malam 23 hingga 27 Maret 2022.

Ketua panitia pelaksana Taufik Yuzar, menyampaikan, MTQ tingkat Kabupaten Muratara ke-VIII kali ini mengusung tema “Cahaya Al-Qur’an wujudkan Musi Rawas Utara yang Berhidayah.”

Sebanyak 202 Peserta akan mengikuti empat cabang perlombaan, seperti Tilawah, Tahfiz, tafsir dan cabang kaligrafi.

“Kecamatan Rupit berjumlah 31 peserta, Karang Jaya 24 peserta, Karang Dapo 34 peserta, Rawas Ulu 33 peserta, Ulu Rawas 21 peserta, Nibung 33 peserta,  dan Kecamatan Rawas Ilir 26 peserta,” kata Taufik.

Ketua Harian LPTQ Sumsel KH Mudrik Qori, dalam mengatakan, kegiatan MTQ adalah satu sifat memuliakan Al-Qur’an dan wajib dilaksanakan setiap tahun.

“Dimulai dari Desa dan Kelurahan, diseleksi ketingkat Kecamatan, hingga hari ini ditingkat Kabupaten,” ujarnya

Dia berharap generasi Qurani Muratara mampu mewujudkan prestasi Sumsel di ajang MTQ dan STQH tingkat nasional.

“Saya sangat yakin bahwa qori/qoriah di pedesaan, kelurahan dan kecamatan, yang mungkin bisa saja belum terpantau, mempunyai potensi sangat besar,’’ katanya

Pidato Bupati Devi Suhartoni yang disampaikan Wakil Bupati Inayatullah menjelaskan, kegiatan MTQ ini merupakan salah satu langkah mewujudkan generasi muda yang berakhlakul Karimah.

“Ivent keagamaan ini sebagai pondasi generasi muda untuk melakukan perbaikan diri dan menjadi generasi bangsa yang Qurani,” sampainya.

Melalui kegiatan MTQ ini, kata Wabup, para regenerasi mampu menghayati dan memahami isi yang terkandung dalam setiap ayat-ayat suci Al-Qur’an.

“Perlu diwujudkan terlebih dahulu manusia yang memahami agama secara menyeluruh serta menjadikan Al-qur’an sebagai petunjuk. Karena Al-Qur’an itu adalah cahaya, dengannya orang bisa mendapatkan petunjuk menuju jalan keselamatan, kebahagiaan dan kesempurnaan didunia dan akhirat,” tuturnya.

“Semoga Muratara menjadi Kabupaten yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghofur.” tutup Wabup Inayatullah. (ADV)

Check Also

Wako Apresiasi Pemuda Creative Milenial

LUBUKKINGGAU, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe didampingi Bunda Literasi Kota Lubuklinggau, Hj. Yetti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.