Home / Daerah / 8 Puskesmas di Muratara Sudah Berstandar Nasional

8 Puskesmas di Muratara Sudah Berstandar Nasional

WARTASERUNDINGAN.COM – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dibawah kepemimpinan Bupati Syarif Hidayat menjadikan bidang kesehatan sebagai skala perhatian dalam lima tahun kepemimpinannya.

Hal itu terbukti sejak tahun pertama memimpin Muratara, dibawah arahan Bupati Syarif Hidayat pembenahan fasilitas kesehatan sudah dilakukan.

Hasilnya hingga tahun 2020 ini seluruh Puskesmas di Kabupaten Muratara sudah memiliki standar Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes).

“Semua puskesmas kita sudah terakreditasi, bangunan dan sarana sudah sesuai dengan standar kementrian atau sesuai standar nasional,” kata Kadinkes Muratara, Marlinda Sari melalui Kabid Pelayanan Fatahul Rahman. Selasa. (11/08/2020).

Dari Delapan puskesmas yang tersebar di tujuh Kecamatan di Kabupaten Muratara, jelas Fatahul, tiga terakreditasi dasar dan lima terakreditasi madia.

Ke delapan puskesmas itu, lanjutnya, selain tersedia ambulance juga ditunjang dengan unit mobil Puskesmas Keliling atau mobil pusling.

“Selain bangunan yang sudah lebih baik, di puskesmas juga ada kendaraan mobil pusling dan mobil ambulance yang distandarkan sesuai lokasi puskesmas,” jelas Fatahul.

Untuk diketahui delapan puskesmas tersebut antara lain, Puskesmas Krang Jaya, Puskemas Rupit, Puskesmas Surulangun, Puskesmas Karang Dapo, Puskesmas Nibung, Puskesmas Muara Kulam, Puskesmas Bingin Teluk dan Puskesmas Pauh.

Sementara itu, Asisten II Sekretariat daerah Muratara Suharto Patih, mengaku jika fokus bidang kesehatan tidak hanya perbaikan fasilitas Puskesmas saja.

Namun perbaikan fasilitas gedung RSUD Rupit juga dilakukan, hal itu terbukti dengan pembangunan baru beberapa gedung di Rumah sakit milik daerah Muratara ini.

“Bukan hanya gedung puskesmas, gedung rumah sakit juga diperbaiki, bahkan saat ini ada rehab gedung RSUD yang dalam pengerjaan,” kata Suharto.

Infrastruktur dasar intinya menjadi prioritas, tegas ia, baik jalan maupun fasilitas kesehatan, di kesehatan pemerintah juga sudah membangun instalasi farmasi dan pengadaan ambulance. (Jadidi).

Check Also

Pemuda Tuding BK DPRD Muratara “Mandul” Tangani Kasus Dugaan VC Asusila Oknum Dewan

WARTASERUNDINGAN.COM – Tokoh pemuda, Icandra Tanjung menuding Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.