Home / Daerah / Babinsa Tanggap Darurat Banjir Terjun Langsung Kelapangan Memonitor Wilayah Desa Binaan

Babinsa Tanggap Darurat Banjir Terjun Langsung Kelapangan Memonitor Wilayah Desa Binaan

WARTASERUNDINGAN.COM – Babinsa Koramil 406-03/Muara Rupit Serda H. Prabowo dan Serda Irmi Memonitor wilayah desa binaan akibat curah hujan tadi malam yang mengakibatkan banjir di Dusun I, II III wilayah Desa Bukit Ulu Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara, Rabu (20/09/2023).

Akibat curah hujan yang terjadi pada tadi malam, mengakibatkan banyak terjadi banjir di wilayah kecamatan  Karang Jaya tidak luput juga di wilayah dusun 1 desa Bukit Ulu jalan perbatasan antara desa Sukaraja akibat rendah nya jalan penghubung maka jalan tersebut tergenang banjir sedalam 1½ cm  pada pagi tadi  pukul 08.00 wib  di sore hari  debit air mulai  menyusut 30 CM  pada pukul 17.30 wib atau setinggi Lutut orang dewasa.

Babinsa Desa Bukit Ulu bersama Camat Karang Jaya bapak Bapak Camat Karang Jaya Bapak Hendri Kesumah FJ ,SE, MM, Sekdes Bapak Fais, Kadus 1,2,3, diwakilkan Kadus 1 Bapak Andri, Kades Bukit Ulu Bapak Ashori Arkap, Kaur Bukit Langkap Bapak Pak Manap, dan Tomas Desa Bukit Ulu turun langsung ke lokasi kejadian.

‘’Sudah beberapa kali di tempat ini mengalami banjir setiap kali turun hujan deras yang berakibat air menggenangi jalan dan pemukiman,’’ ujar bapak Andri Kadus 1.

Di kesempatan yang sama Kades Bukit Ulu Bapak Ashori mengungkapkan,”genangan muncul lantaran sungai tidak mampu menampung debit air dan kondisi tersebut diperparah dengan drainase tidak berfungsi normal.

Akibatnya, air tertahan di jalan dan sebagian diantaranya meluber ke pemukiman warga. Juga menghimbau kepada warganya,”untuk mengantisipasi cuaca yang ekstrim saat ini warga diminta lebih waspada dan berhati – hati, agar segala kemungkinan yang terjadi bisa diantisipasi dan diminimalisir, saat ini yang terjadi hujan lebat disertai angin dan petir,” imbuhnya.

Camat Karang Jaya Bapak Hendri Kesumah FJ ,SE, MM Penyampaian dan penekanan  agar tetap waspada terhadap hujan susulan kepada kadus1,2,3 ,Kades Bukit Ulu dan masyarakat Bukit ulu mendirikan Dapur umum Utk membantu warga yang rumah nya masih terendam air, Utuk jumlah Rumah yang terendam banjir hampir 70% dr jumlah penduduk desa bukit ulu 270kk, sisanya hanya terendam pekarangan rumah.Jelas Camat Karang Jaya.

Babinsa Koramil 406-03/Muara Rupit Serda H.Prabowo dan Serda Irmi melaksanakan sosialisasi kepada warga desa binaan untuk pindah kerumah saudaranya tempat aman dari banjir dan tetap waspada apabila ada banjir susulan karena situasi cuaca tidak bisa di prediksi dan selalu tetap jaga kesehatan dan kebersihan pasca banjir nanti.

Danramil 406-03/Muara Rupit Kapten Inf M. Assad menyampaikan/mengingat kan kepada para babinsa nya, “Akibat curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara sekitar agar para babinsa memantau dan antisipasi wilayah desa binaan yang rawan banjir akibat sungai meluap dan curah hujan yang lebat.

Babinsa Desa Bukit Ulu tetap memonitor perkembangan yang terjadi akibat banjir yang melanda di wilayah desa binaan.
(Realis/Pendim 0406/Lubuklinggau).

Check Also

Ingin Berperan Lebih Jauh Dalam Membangun Muratara, Kadis PU BM Muratara Junius Wahyudi Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati

WARTASERUNDINGAN.COM – Junius Wahyudi mendatangi kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai PDIP Perjuangan Kabupaten Musi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *