Home / Daerah / Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPK untuk Pilkada Muratara

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPK untuk Pilkada Muratara

WARTASERUNDINGAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melantik 35 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muratara tahun 2020.

Pelantikan yang dilaksanakan di Hotel Daffam Kota Lubuklinggau, Sabtu (29/2/2020) dihadiri Komisioner KPU Sumsel Divisi Program dan Data, Hendri Alma Wijaya, Asisten III Setda Muratara Romsul Panani, Kabag Ops Polres Muratara Kompol Hermansyah, Ketua Bawaslu Muratara Munawir dan stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Muratara, Agus Marianto menyampaikan ucapan selamat kepada anggota PPK yang dilantik. Dia berpesan agar anggota PPK yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik.

Agus mengatakan, sumpah pelantikan yang dilakukan bukan hanya janji atas Undang-Undang semata, namun sumpah kepada Tuhan, maka dari semua PPK harus menjalankan amanah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

“Sebagai penyelenggara Pemilu godaan dari kelompok politik sudah pasti cukup besar, maka dari itu kita harus selalu ingat dengan sumpah yang sudah diambil. Walau kerja kita hanya sebentar namun hasilnya akan menjadi sejarah yang akan dikenang,” kata Agus.

Agus juga menyampaikan bahwa tugas PPK cukuplah berat, karena sebagai sektor sentral dalam kegiatan PPK menjadi sorotan utama sehingga kode etik untuk mengatur PPK itu ditetapkan.

“Tugas kalian sangtlah sentral, jadi bila ada anggota PPK yang menyalahgunakan wewenang maka kalian akan diganjar dengan penegakan kode etik, bisa dengan peringatan dan bisa juga dengan sanksi pencopotan jabatan,” tambahnya.

Asisten III Pemkab Muratara, Romsul Panani juga berharap agar PPK menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, karena kesuksesan Pilkada ada peran penting dari PPK.

Dikatakan Romsul, sebelumnya Muratara sudah menyelenggarakan Pemilu, Pilkades dan Pemilihan BPD, dimana semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan berlaku, maka dari itu besar harapannya Pilkada juga berjalan dengan baik.

“Meskipun kabupaten baru, dan sering disebut zona merah, namun beberapa kegiatan demokrasi seperti Pemilu dan terakhir pemilihan BPD berjalan dengan lancar. Jadi kita harus kembali membuktikan bahwa demokrasi di daerah kita sudah dewasa. Kita dapat selesaikan Pilkada ini dengan baik, tanpa kendala atau hambatan,” harapnya. (awl)

Check Also

Wako Apresiasi Pemuda Creative Milenial

LUBUKKINGGAU, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe didampingi Bunda Literasi Kota Lubuklinggau, Hj. Yetti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.