Home / Daerah / Kembangkan UMKM Desa, Pemkab Muratara Gandeng OK OCE

Kembangkan UMKM Desa, Pemkab Muratara Gandeng OK OCE

WARTASERUNDINGAN.COM – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menjalin kerjasama dengan Ok Oce untuk menggali sektor ekonomi kreatif Desa di Kabupaten Muratara.

Kerjasama tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif Desa Desa di Kabupaten Muratara.

Kepala Bappeda Muratara, Erwin Syarif, melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Eko Mahendra, menyampaikan kerjasama itu dilaksanakan untuk menggali potensi Desa di Muratara sehingga terbentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ia mengatakan dengan kerjasama tersebut tim peneliti dari Ok Oce akan melakukan penggalian potensi ekonomi kreatif Desa dan dibentuk menjadi usaha milik Desa.

“Kita menggandeng Ok Oce, untuk menggali potensi desa sehingga dapat dijadikan sektor ekonomi kreatif di Desa,” Kata Eko.

Setelah penelitian potensi Desa dan dijadikan sektor ekonomi kreatif, tambah Eko, tim dari Ok Oce juga akan mendampingi dalam pembinaan sehingga sektor tersebut dapat berjalan menjadi usaha Desa.

“Setelah dilatih dan dibina, nanti melalui Ok Oce juga produk yang dihasilkan akan dipasarkan, jadi semuanya mulai input hingga output sudah ada kepastian,” Jelas Eko.

Sementara itu, Lidia tim peneliti Ok Oce daerah Muratara, menyampaikan jika kerjasama dilaksanakan untuk penggalian potensi sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Muratara.

Ia mengatakan jika mereka bekerja untuk menggali dan membina sehingga terbentuk ekonomi kreatif Desa agar menjadi sektor usaha mikro kecil menengah.

“Kita meneliti apa yang berpotensi dengan bahan baku yang tersedia di desa itu, setelah mengetahui kita lakukan pelatihan bagi masyarakat itu sendiri.

Setelah mereka bisa membuat produk dan memproduksi, produk itu nantinya akan kita pasarkan di Ok Oce, sehingga apa yang dikerjakan dapat berjalan sampai mejadi pemasukan desa,” kata Lidia.

Ia mengharapkan Pemerintah Desa di Muratara mendukung program tersebut, karena dengan program itu BUMDes dapat bergerak dak berkembang.

Lidia mencontohkan Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, yang baru mulai melaksanakan pelatihan namun sudah mendapatkan pesanan dari Ok Oce.

“Desa harus mendukung, program ini sangat baik untuk Desa, Desa Bingin Rupit baru pelatihan membuat pakan ikan dan ternak sudah menerima pesanan 500 Kilo dari Ok Oce,” jelas ia. (Jadidi).

Check Also

Wako Apresiasi Pemuda Creative Milenial

LUBUKKINGGAU, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe didampingi Bunda Literasi Kota Lubuklinggau, Hj. Yetti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.