Home / Daerah / DPRD Muratara Gelar Rapat Paripurna LKPJ APBD TA 2019

DPRD Muratara Gelar Rapat Paripurna LKPJ APBD TA 2019

WARTASERUNDINGAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan penyampaian dan penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muratara Tahun Anggaran (TA) 2019, oleh Bupati Muratara, Senin (27/4/2020).

Bertempat di gedung DPRD Muratara, rapat paripurna LKPJ APBD TA 2019 dipimpin langsung Ketua DPRD Muratara Efriansyah, bersama Wakil Ketua I dan 17 anggota DPRD Muratara.

Turut hadir dari eksekutif yakni Bupati Muratara Syarif Hidayat bersama para Asisten dan unsur FKPD. Serta para Kepala OPD dan Camat yang mengikuti rapat paripurna DPRD Kabupaten Muratara melalui video conference.

Ketua DPRD Muratara, Efriansyah dalam pembukaannya menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 71 ayat (1,2, dan 3) menyebutkan bahwa kepala darah wajib memberikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah terhadap LKPJ kepada DPRD dan menginformasikan kepada masyarakat.

Materi pokok yang disampaikan dalam rapat paripurna ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan umum pemerintah daerah, kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan pemerintah daerah, penyelenggaraan tugas pembentukan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Bupati Muratara Syarif Hidayat menyampaikan, Pemkab Muratara telah berusaha dengan segala upaya untuk melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan, dengan berpedoman pada Peraturan Daerah (Perda) yang berisikan APBD Kabupaten Muratara setiap tahunnya.

Dikatakan Bupati, fokus dari kebijakan yang dijalankan pada dasarnya berpatokan dengan visi Pemkab Muratara, yakni mewujudkan Muratara yang makmur, aman, cerdas, dan bermartabat. Kemudian, visi tersebut dijabarkan dalam 8 misi.

Antara lain, mewujdkan pendidikan yang berkualitas dan murah, mewujudkan optimalisasi pemanfaatan lahan terlantar atau lahan tidur, mewujudkan infrastruktur dasar yang berkualitas dan merata, serta mewujudkan hilirisasi komoditi unggulan.

Kemudian, mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas, mewujudkan Kabupaten Muratara bebas dari narkoba, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, santun dan mandiri.

“Pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan tahun 2019 sudah kita jalankan dengan baik secara bersama-sama, saling bahu-membahu dan bersungguh-sungguh, baik oleh perangkat daerah maupun segenap komponen masyarakat,” kata Bupati.

Dilanjutkannya, berbagai hasil dari pembangunan pun telah tercapai, walaupun harus diakuinya masih terdapat beberapa kekurangan yang memerlukan peningkatan kinerja pembangunan di segala bidang.

Bupati berharap sinergisitas antara eksekutif, legislatif, dan seluruh elemen masyarakat, untuk terus bekerjasama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muratara.

“Marilah kita bangun terus kerjasama, harapan kami kiranya berkenan memberikan masukan saran dan kritikan yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa mendatang,” imbuh Bupati. (awl)*

Check Also

Wako Apresiasi Pemuda Creative Milenial

LUBUKKINGGAU, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe didampingi Bunda Literasi Kota Lubuklinggau, Hj. Yetti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.