Home / Daerah / Dispertanikan Gelar Pelatihan, Tingkatkan Peran Petugas PPL

Dispertanikan Gelar Pelatihan, Tingkatkan Peran Petugas PPL

WARTASERUNDINGAN.COM – Tingkatkan kemampuan dalam penyuluhan pertanian, Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanikan) Kabupaten Muratara mengadakan pelatihan terhadap petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, Kamis hingga Sabtu (7-9/11/2019) di Burza Hotel, dibuka oleh Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat yang diwakili oleh Asisten II Pemkab Muratara, Suharto Fatih.

Dalam arahannya, Asisten II, Suharto Fatih mengapresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya pelatihan tersebut.

Selain peningkatan kemampuan para petugas PPL juga penguatan peran petugas PPL. Mengingat Kabupaten Muratara memiliki potensi yang bagus dalam hal pertanian.

“Untuk itu pelatihan bagi para petugas penyuluh pertanian ini sangat perlu diadakan,” kata Suharto Fatih.

Menurutnya, untuk menjadikan Kabupaten Muratara yang potensial dalam segi hasi pertanian, maka Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini para petugas penyuluh pertanian harus diberikan ilmu dan peningkatan keterampilan.

“Jadi dengan adanya SDM yang handal, maka cita-cita untuk menjadikan Kabupaten Muratara sebagai lumbung pangan dapat terwujud, kendati petugas penyuluh yang statusnya Pegawai Negeri Sipil masih sedikit,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dispertanikan Kabupaten Muratara, Suhardiman mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para petugas penyuluh pertanian.

Khususnya dalam hal Koordinasi, komunikasi dan administrasi.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan dilakukan secara bertahap, dengan mendahulukan petugas yang memiliki wilayah pertanian yang potensial.

“Mengingat keterbatasan anggaran, maka pelatihan ini juga dilaksanakan secara bertahap yakni sebanyak 30 petugas dulu, yang berasal dari desa atau kelurahan yang daerahnya potensial dalam segi pertanian, Namun semua petugas akan kita berikan pelatihan,” kata Suhardiman. (WS/ADV)

Check Also

Wako Apresiasi Pemuda Creative Milenial

LUBUKKINGGAU, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe didampingi Bunda Literasi Kota Lubuklinggau, Hj. Yetti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.