Home / Daerah / Disperindagkop Muratara Sidak Pasar, Pantau Harga Barang dan Antisipasi Pangan Berbahaya

Disperindagkop Muratara Sidak Pasar, Pantau Harga Barang dan Antisipasi Pangan Berbahaya

WARTASERUNDINGAN.COM – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, Senin (18/5/2020).

Kepala Disperindagkop Muratara, Syamsu Anwar melalui Kabid Perdagangan, Safawi mengatakan, sidak tersebut guna memantau harga kebutuhan pokok jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kami sudah membagi tim, seluruh pasar tradisional di tujuh kecamatan di Kabupaten Muratara ini kami lakukan sidak,” kata dia.

Selain memantau harga barang, pihaknya juga menggandeng Dinas Kesehatan untuk memeriksa pangan yang kemungkinan mengandung bahan berbahaya dijual di pasar.

“Kami juga memantau makanan berbahaya, apakah ada yang diperjualbelikan oleh pedagang nakal atau tidak, yang jelas kami sudah berulang kali mengimbau,” katanya.

Berdasarkan pantauannya, harga bahan pokok relatif stabil, hanya ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

“Bahan-bahan pokok masih terpantau normal seperti beras, ayam, telur, cabai. Memang ada beberapa bahan yang naik tapi masih normal,” ujarnya.

Dia berharap tidak ada pedagang nakal yang sengaja menaikkan harga dagangannya melebihi batas kewajaran untuk meraup keuntungan lebih banyak.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara, Fatahul Rachman mengatakan dalam sidak itu diambil beberapa sampel bahan makanan untuk dilakukan pengujian laboratorium.

Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada bahan berbahaya yang terkandung dalam bahan makanan tersebut seperti formalin, boraks, dan bahan berbahaya lainnya yang biasa ditemukan dalam bahan makanan.

“Ada beberapa sampel yang kami ambil, seperti saos tomat, tahu, ikan asin air tawar dan ikan laut. Kemudian makanan takjil seperti mie kuning, kolang-kaling, cendol dawet dan lain-lain,” ujarnya.*

Check Also

Pemuda Tuding BK DPRD Muratara “Mandul” Tangani Kasus Dugaan VC Asusila Oknum Dewan

WARTASERUNDINGAN.COM – Tokoh pemuda, Icandra Tanjung menuding Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.