Home / Daerah / Devi Suhartoni Jenguk Orang Dipasung, Ini Langkah yang Diambil

Devi Suhartoni Jenguk Orang Dipasung, Ini Langkah yang Diambil

WARTASERUNDINGAN.COM – Wakil Bupati Muratara, H Devi Suhartoni menjenguk Darmawan (31), warga Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung yang dipasung keluarganya karena mengalami ganguan kejiwaan.

Kedatangan Devi Suhartoni disambut haru oleh pihak keluarga Darmawan.

Kepada orang nomor dua di Muratara itu, keluarga menuturkan bahwa mereka terpaksa memasung Darmawan karena khawatir dapat membahayakan jiwanya dan orang lain.

“Pada awal-awal ia mulai mengalami gangguan kejiwaan, kondisinya tidak bergitu berbahaya. Namun akhir-akhir ini ia menjadi suka marah dan membanting barang-barang di rumah. Jadi terpaksa kami pasung,” kata Suwadi, orangtua Darmawan.

Suwadi menuturkan, anaknya mulai mengalami gangguan kejiwaan sejak enam tahun lalu. Namun pemasungan terjadi pada awal tahun 2019.

Dia mengatakan, anaknya rutin menerima perawatan dari petugas kesehatan Puskesmas Nibung.

“Rutin disuntik dan diberi obat oleh pihak Puskesmas,” kata Suwadi.

Sementara itu, Wakil Bupati Muratara, H Devi Suhartoni mengatakan, dia mengetahui adanya pemasungan terhadap Dermawan setelah menerima laporan dari warga.

“Saya dapat aduan bahwa adanya pemasungan, langsung saja saya datangi agar dapat memastikan langkah kedepannya terhadap yang bersangkutan,” katanya.

Wabub menambahkan bahwa setelah melakukan kunjungan perihal dengan Darmawan akan segera dikoordinasikan ke pihak Dinas Sosial Muratara.

“Nanti akan kita koordinasikan, apakah akan dibawa ke Palembang atau ke Bengkulu, supaya dia mendapat perawatan,” tambah Devi.

Sebelumnya Wabub bekerjasama dengan Dinsos Muratara telah melakukan pelepasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung dan dilakukan pengobatan di Rumah Sakit Jiwa di Bengkulu.

Hasilnya beberapa orang pulang dalam keadaan sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa di Bengkulu tersebut. (WS)

Check Also

Wako Apresiasi Pemuda Creative Milenial

LUBUKKINGGAU, Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe didampingi Bunda Literasi Kota Lubuklinggau, Hj. Yetti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.